Raja dan Ratu yang Paling Lama Berkuasa, Siapa Saja? (Bagian 2)

Corner  
Mahkota raja (ilustrasi).
Mahkota raja (ilustrasi).

Ratu Denmark Margrethe II mengumumkan akan turun takhta pada 14 Januari 2024 setelah berkuasa selama 52 tahun. Selain Ratu Margrethe II, terdapat sejumlah ratu dan raja yang menjabat sebagai kepala negara dengan masa pemerintahan yang lama.

Siapa saja? Dilansir dari World Atlas, berikut nama-namanya:

5. K'inich Janaab' Pakal - Raja Palenque

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

K'inich Janaab' Pakal merupakan seorang raja dari kota Maya Palenque yang sekarang dikenal sebagai Chiapas, Meksiko. Raja K'inich Janaab' Pakal menjadi seorang raja di tahun 617 dan memerintah selama 68 tahun 33 hari.

Pakal membangun kuil prasasti yang merupakan piramuda berundak terbesar di Palanque. Piramida tersebut dinilai penting karena sebagian besar teks hieroglif tersimpan di dalamnya dan menjadi sumber informasi sejarah Maya.

6. Franz Joseph I - Hungaria

Franz Joseph I merupakan raja Hungaria yang juga masuk ke dalam pemimpin negara atau raja dengan durasi jabatan terlama, yakni 67 tahun. Setelah menjabat sebagai raja Austria, ia menjabat sebagai raja di Hungaria yang tercatat sebagai penguasa terlama di Kekaisaran Austro-Hungaria.

Masa kekaisaran raja Franz Joseph I yang paling dikenal adalah saat Hungaria terlibat perselisihan terkait teritorial dan ketegangan nasional di seluruh negerinya.

7. Constantine VIII - Raja Bizantium

Pemimpin negara atau raja dengan durasi kepemimpinan terlama selanjutnya bernama Constantine VIII yang menjabat selama 66 tahun sebagai raja Bizantium. Ia dan saudaranya, Basileios harus mulai menjadi pemimpin negara setelah sang ayah meninggal dunia.

Lalu mereka mulai menjalankan sebagai raja sesungguhnya saat berusia 18 tahun setelah John Tzimiskes meninggal dunia. Constantine VIII dinilai sebagai raja yang apatis, malas, dan menyukai kemewahan.

8. Basil II - Raja Bizantium

Basil II merupakan saudara dari Constantine VII. Ia menjabat sebagai raja bersamanya mulai pertengahan tahun 157. Basil II berkuasa selama 65 tahun.

Ia dikenal sebagai pemimpin negara yang selalu waspada dan cekatan. Ia telah melangsungkan beberapa perang untuk memperluas kekaisaran Bizantium dan mempertahankan kejayaannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image