Ukraina Berhasil Lumpuhkan Sistem Radar Artileri Terbaru Milik Rusia

Info Terkini  
Tim pencari ranjau pasukan Ukraina. (Dok Republika.co.id)
Tim pencari ranjau pasukan Ukraina. (Dok Republika.co.id)

Ditulis Oleh Nidia Zuraya

Pasukan Ukraina menyerang sistem radar artileri terbaru milik Rusia yang dilengkapi dengan roket. Serangan tersebut dilakukan pada hari yang sama ketika pejabat militer mengumumkan penempatan sistem radar termahal ini ke medan perang.

Business Insider memberitakan pada Kamis (4/1/2024), Kementerian Pertahanan Rusia dan berbagai media pemerintah mengumumkan pada hari Selasa (2/1/2024) bahwa pasukan Rusia di Ukraina telah menerima 1K148 Yastreb-AV, sistem radar anti-baterai senilai 250 juta dolar AS yang dirancang untuk mendeteksi lintasan artileri yang ditembakkan dan menentukan titik asal amunisi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Moskow memuji Yastreb-AV sebagai sistem yang modern dan berkemampuan tinggi dalam pengumumannya. Media pemerintah melaporkan bahwa sistem tersebut telah diuji pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022.

Pasukan Operasi Khusus Ukraina mengatakan melalui Telegram bahwa mereka menemukan Yastreb-AV selama misi pengintaian, namun lokasi pasti medan perang masih belum jelas.

Pasukan Ukraina kemudian menembakkan amunisi dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) buatan AS ke sasaran Rusia yang terbuka, yang hancur akibat kerusakan akibat kebakaran. Kiev mempublikasikan video pemogokan tersebut ke beberapa saluran media sosial.

Business Insider tidak dapat segera memverifikasi secara independen klaim Ukraina bahwa Yastreb-AV dihancurkan, namun video tersebut tampaknya menunjukkan bahwa sistem tersebut mengalami kerusakan yang signifikan. Dalam rekaman tersebut, seseorang terlihat melarikan diri dari lokasi kejadian setelah sistem radar membara.

Sistem radar anti-baterai seperti Yastreb-AV sangat penting bagi Ukraina dan Rusia selama perang. Sistem ini memungkinkan setiap militer untuk mendeteksi proyektil yang masuk dan dengan cepat menentukan titik asalnya, sehingga membuka jalan untuk membalas tembakan sebelum senjata musuh digerakkan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image