Berhasil Selamatkan Penumpang dan Dipuji Dunia, Ini Rahasia Pramugari Jepang

Politik  

Ditulis oleh Esthi Maharani

JAKARTA -- Evakuasi pesawat Japan Airlines yang bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai berjalan dengan mulus. Hal tersebut pun menuai pujian dari banyak pihak di seluruh dunia. Ada beberapa faktor yang membuat proses evakuasi berjalan lancar. Misalnya, para penumpang yang terbilang tenang dan tertib ketika kebakaran terjadi, para penumpang yang tidak sibuk menurunkan barang dari kabin, dan yang tak kalah penting adalah profesionalitas awak kabin.

Rahasianya tak lain pelatihan intens yang harus dijalani para pramugari dan awak kabin. Awak kabin baru mesti menjalani pelatihan evakuasi dan penyelamatan selama tiga minggu sebelum mereka diizinkan untuk melayani penerbangan komersil. Pelatihan ini diulang setiap tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mereka haus menjalani ujian tertulis, diskusi-diskusi studi kasus dan latihan praktek dengan berbagai skenario, seperti misalnya ketika pesawat mendarat di air atau saat ada api di dalam pesawat. Staf pemeliharaan juga terlibat dalam pelatihan ini.

Selain itu, Safety Video yang diputar di pesawat Jepang juga memberikan gambaran rinci bagaimana para penumpang harus bertindak ketika menghadapi situasi darurat. Dalam video tersebut, disebutkan dalam keadaan darurat, para penumpang diminta untuk meninggalkan barang-barang di kabin karena barang-barang tersebut hanya akan menghalangi jalur evakuasi dan akan merusak perosotan darurat. Disebutkan pula ketika meluncur dari atas pesawat, penumpang diminta untuk meluruskan tangan, luruskan kaki, dan melihat titik pendaratan. Para penumpang yang sudah mendarat pun diminta untuk membantu penumpang lainnya.

Sebelumnya, pesawat Japan Airlines terbang dari Bandara New Chitose di Sapporo pukul 16:00 waktu setempat dan tiba di Bandara Haneda sekitar 18:00. Pesawat tersebut bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai di Bandara Haneda, Tokyo, pada Selasa (02/01) sekitar pukul 17:40 waktu setempat. Penumpang pesawat Japan Airlines berhasil selamat, sementara lima awak pesawat penjaga pantai meninggal dunia dan satu orang luka parah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image