Skandal Mata-Mata Kuba yang Menggemparkan AS

Corner  
Aksi spionase (ilustrasi).
Aksi spionase (ilustrasi).

Ditulis Oleh Nidia Zuraya

Publik Amerika Serikat (AS) dibuat geger ketika mantan duta besar AS untuk Bolivia, Manuel Rocha, ditangkap di Miami baru-baru ini dan didakwa karena telah menghabiskan lebih dari 40 tahun sebagai agen Kuba. Kasus Rocha ini merupakan salah satu skandal mata-mata terbesar di AS yang melibatkan Kuba.

Jaksa Agung AS, Merrick Garland, menyebut dugaan kejahatan yang dilakukan Rocha sebagai "salah satu infiltrasi yang paling luas dan paling lama yang pernah dilakukan agen asing terhadap pemerintah AS".

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meski Manuel Rocha belum mengajukan pembelaan, banyak pengamat yang merasa heran bagaimana ia bisa menduduki posisi tinggi dalam dinas diplomatik AS sambil menjalankan aksi spionase untuk pemerintah Kuba dalam jangka waktu lama tanpa terdeteksi.

Bukti yang berhasil dikumpulkan oleh petugas FBI yang menyamar sebagai kontak pemerintah Kuba, menunjukkan bahwa Rocha menilai Amerika Serikat sebagai "musuh", memuji mendiang pemimpin Kuba Fidel Castro, dan membual tentang keberhasilannya mempertahankan identitas gandanya selama beberapa dekade.

Namun, salah satu orang yang tidak terlalu terkejut dengan terbongkarnya skandal mata-mata ini adalah James Olson, mantan kepala kontra intelijen di Badan Intelijen Pusat (CIA). Ia memiliki pengalaman langsung selama bertahun-tahun di dinas intelijen Kuba (DGI).

“Saya akan menggolongkan mereka sebagai agen intelijen yang paling memberatkan yang pernah saya lawan. Itu bukan hanya karena mereka begitu licik dan kejam, tapi karena mereka sangat baik," katanya dilansir laman BBC, Senin (8/1/2024).

Olson mengatakan gagasan bahwa Kuba diduga 'menggunakan' Rocha selama empat dekade adalah bagian dari modus operandi mereka, terutama terhadap mata-mata ideologis dan bukan mata-mata bayaran. “Mereka juga menanggung kerugian besar lainnya di Kuba selama bertahun-tahun,” jelasnya, mengacu pada sejumlah warga AS yang diketahui melakukan kegiatan mata-mata untuk Kuba.

"Mereka menggunakan Ana Montes selama 16 tahun, Philip Agee selama 15 tahun, dan pasangan Myers selama 26 tahun."

Kasus Rocha, sambung Olson, sejalan dengan pekerjaan mereka. "Mereka mengalahkan kami," ujarnya.

Lebih lanjut Olson menuturkan, ada kesalahpahaman umum bahwa DGI menjadi tumpul setelah runtuhnya Tembok Berlin dan setelah KGB mundur dari Kuba. Tidak demikian, bantahnya.

Faktanya, dia yakin mereka lebih canggih dari sebelumnya. “Mereka telah melampaui KGB dalam hal perdagangan, motivasi, dan perlawanan terhadap penetrasi,” katanya.

Hal inilah yang terlintas dalam benak James Olson ketika pada Juni 1987, seorang mata-mata Kuba, Florentino Aspillaga, masuk ke Kedutaan Besar AS di Wina dan membelot. Kesaksian yang diberikannya kepada pihak Amerika mengejutkan para kepala intelijen AS dan mengungkap luas dan kaliber jaringan mata-mata rezim Fidel Castro.

“Aspillaga memberitahu saya beberapa hal yang sangat meresahkan”, kenang Olson.

“Dia mengatakan bahwa DGI Kuba telah berhasil menempatkan 38 agen ganda untuk melawan kami. Jadi setiap agen yang kami pikir akan kami rekrut di pulau itu, pada kenyataannya, dikendalikan oleh DGI.”

Sebagai diplomat terkemuka, Manuel Rocha memiliki akses terhadap banyak informasi intelijen rahasia dan sensitif. Pemerintah AS sekarang mencoba untuk mengetahui secara pasti berapa banyak uang yang diduga dia berikan kepada orang Kuba yang menanganinya saat berdinas di Kementerian Luar Negeri AS.

Sementara itu, Kuba belum memberikan komentar mengenai penangkapan ataupun dakwaan terhadap Manuel Rocha. Setiap kali mata-mata atau alat mata-mata disebutkan, posisi dasar Kuba adalah bahwa Kuba terpaksa menggunakan segala metode yang mereka miliki untuk mempertahankan kekuasaan revolusi lebih dari 60 tahun dari berbagai upaya pemerintah AS untuk memaksa pemerintah komunis Kuba turun dari tampuk kekuasaan.

Mata-mata Kuba Paling Terkenal

Salah satu mantan mata-mata Kuba yang paling terkenal adalah Gerardo Hernández. Dia adalah pemimpin dari lima perwira intelijen Kuba yang menyusup ke kelompok anti-Castro Kuba Amerika di Florida pada tahun 1990an.

Hernández ditangkap pada tahun 1998 atas konspirasi melakukan tuduhan spionase dan menghabiskan 16 tahun penjara sebelum dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan di masa pemerintahan Barack Obama.

Dalam sebuah wawancara eksklusif di Havana, Gerardo Hernández menuduh bahwa AS terus mengizinkan kelompok bersenjata anti-Castro untuk "beroperasi secara bebas" dan "dengan impunitas" di wilayah AS, sehingga Kuba "tidak punya pilihan selain mencari informasi [rahasia] semacam itu. ".

Meski bersikeras bahwa sudah lama pensiun sebagai perwira intelijen, Hernández mengakui bahwa spionase Kuba-AS tetap menjadi bagian penting dari hubungan bilateral kedua negara yang secara terbuka bermusuhan. “Jika saat ini ada orang yang merencanakan terorisme melawan Kuba, kemungkinan besar yang ada adalah para patriot Kuba yang mencari informasi yang kita perlukan untuk melindungi negara kita,” katanya.

Menjelang persidangan Manuel Rocha, Gerardo Hernandez, yang kini merupakan anggota Dewan Negara Kuba yang berpengaruh, tetap bungkam mengenai kasus tersebut dan mengatakan bahwa ia hanya mengetahui "apa yang saya baca di berita".

Namun, pada saat yang sama, ia mengakui bahwa mata-mata ideologis, seperti yang ia lakukan pada tahun 1990an, lebih sulit dideteksi dan lebih ahli dalam bidangnya dibandingkan mereka yang melakukannya demi uang. “Seseorang yang melakukan sesuatu bukan demi uang atau keuntungan, melainkan demi cita-citanya, selalu merupakan profesional yang lebih baik di bidang ini,” katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image