Biadab! Tentara Israel Curi Ratusan Mayat dari Pemakaman di Gaza

Info Terkini  
Warga Palestina menguburkan orang-orang yang meninggal dalam pemboman Israel yang dibawa dari rumah sakit Shifa, di kuburan massal di kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, 22 November 2023.
Warga Palestina menguburkan orang-orang yang meninggal dalam pemboman Israel yang dibawa dari rumah sakit Shifa, di kuburan massal di kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, 22 November 2023.

Ditulis Oleh Nidia Zuraya

Hampir sepekan terakhir jaringan telekomunikasi di wilayah Gaza terputus. Kondisi ini membuat warga Palestina tidak dapat menjangkau orang-orang yang mereka cintai dan terisolasi dari seluruh dunia ketika pasukan Israel menghujani wilayah tersebut dengan bom.

Perusahaan telekomunikasi Gaza Paltel dan kelompok akses internet NetBlocks mengatakan bahwa terputusnya jaringan komunikasi saat ini adalah yang terlama sejak Israel mengepung Jalur Gaza. Petugas perbaikan tidak dapat mencapai lokasi yang rusak – sebagian besar infrastruktur komunikasi rusak akibat pemboman Israel – untuk memulihkan akses.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pemadaman listrik saat ini telah berlangsung selama ini, karena Israel juga menghalangi para pekerja untuk melakukan perbaikan," kata perwakilan Paltel, Mamoon Fares, kepada The Washington Post.

Kondisi ini menyebabkan orang-orang tidak dapat meminta bantuan atau memberi tahu orang-orang terkasih bahwa mereka masih hidup. Beberapa orang berhasil berkomunikasi selama pemadaman listrik menggunakan telepon satelit dan kartu eSIM, meskipun pengaturannya mahal dan rumit dan sebagian besar disediakan melalui penggalangan dana.

Minimnya informasi yang keluar dari Gaza akibat pemadaman listrik sering kali sangat mengerikan. Video yang baru-baru ini diposting, dibagikan oleh jurnalis Palestina Mohammed El-Kurd dan Aljazirah pada Rabu (17/1/2024), menunjukkan cuplikan sebuah pemakaman di Khan Yunis, Gaza Selatan, dengan kuburan yang rusak dan mayat-mayat tampaknya telah dipindahkan dari sana.

Aljazirah melaporkan bahwa para saksi melihat tentara Israel membawa jenazah ke lokasi yang tidak diketahui. Menurut Euro-Med Human Rights Monitor, buldoser pasukan Israel telah melindas dan merusak ratusan kuburan di setidaknya 12 lokasi pemakaman di sekitar Gaza, dan mencuri puluhan mayat. Rekaman satelit menunjukkan seluruh kuburan diratakan dengan buldoser.

Di sebuah pemakaman di Al-Tuffah sebelah timur Kota Gaza, militer Israel menggali lebih dari 1.000 kuburan, memindahkan lebih dari 150 jenazah yang baru saja dikuburkan, menurut Euro-Med Monitor.

Pemakaman Al-Batsh didirikan pada Oktober tahun lalu untuk menguburkan para korban tak dikenal yang gugur dalam penyerbuan pasukan Israel ke kompleks rumah sakit Al-Shifa. Pasukan Israel meratakan pemakaman Al-Batsh awal bulan ini dan sebagian besar jenazah “diambil, dipotong-potong, dan dijarah, bersama dengan beberapa batu nisan yang mengidentifikasi orang-orang yang dikuburkan di sana,” kata Euro-Med Monitor.

Salah satu warga Kota Gaza, Nour Nasser, yang terpaksa pindah ke wilayah selatan Gaza mengatakan kepada kelompok tersebut bahwa saudara laki-lakinya dimakamkan di Al-Batsh – dan sekarang jenazahnya telah hilang. “Tentara Israel tidak hanya membunuh saudara laki-laki saya, tetapi juga melarang keluarga saya mengunjungi makamnya,” kata Nasser.

Aksi penghancuran pemakaman tersebut telah memicu kekhawatiran bahwa Israel sekali lagi mengambil organ warga Palestina yang mereka bunuh. Para pejabat Israel telah mengakui pengambilan organ sebelumnya, pada tahun 2009, namun mengatakan bahwa mereka tidak melakukannya sekarang.

Namun, para profesional medis Gaza dan pejabat Euro-Med Monitor mengatakan bahwa mereka telah menemukan bukti bahwa Israel mengambil organ di tengah pengepungan saat ini dengan pasukan Israel secara teratur menggali mayat dan jenazah dikembalikan ke keluarga dalam keadaan dimutilasi.

Beberapa laporan menemukan bahwa Israel secara teratur menggunakan mayat warga Palestina sebagai alat tawar-menawar. Banyak keluarga Palestina melaporkan menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun agar jenazah anggota keluarga mereka dikembalikan kepada mereka karena Israel menerapkan kebijakan menahan jenazah untuk kepentingan politik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image