Akhirnya, Parlemen Uni Eropa untuk Pertama Kali Serukan Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Info Terkini  

Ditulis oleh Esthi Maharani

BRUSSELS -- Parlemen Eropa untuk pertama kalinya menyerukan “gencatan senjata permanen” di Gaza dan dimulainya upaya politik untuk menemukan solusi atas perang antara Israel dan Hamas.

Resolusi tersebut, yang hanya bersifat simbolis dan tidak mempunyai bobot hukum, disetujui dengan 312 suara mendukung, 131 menolak dan 72 abstain di ruang pleno Strasbourg pada Kamis (18/1/2024) setelah kompromi dibuat untuk menenangkan anggota parlemen sayap kanan-tengah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Permohonan gencatan senjata tersebut mewakili perubahan signifikan dalam posisi Parlemen sebelumnya, yang disepakati pada bulan Oktober, yang menyerukan “jeda kemanusiaan" untuk meningkatkan aliran bantuan yang menjangkau warga sipil Gaza. Pemungutan suara tersebut menghasilkan 500 suara mendukung, 21 suara menentang, dan 24 suara abstain.

Seruan tajam ini muncul ketika jumlah korban tewas di Gaza mencapai 24.000 orang, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas. Meski kelompok sayap kiri dan tengah secara terbuka mendukung seruan gencatan senjata, anggota Partai Rakyat Eropa (EPP) yang berhaluan kanan tengah, yang merupakan kelompok terbesar di majelis tersebut, telah menyatakan keberatannya.

Resolusi tersebut disahkan setelah amandemen disetujui yang menetapkan bahwa gencatan senjata harus bergantung pada pembebasan semua sandera yang ditahan di Gaza dan “pelenyapan” Hamas, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris di UE.

“Perdamaian berkelanjutan tidak akan terwujud selama Hamas dan kelompok teroris lainnya membajak perjuangan Palestina dan mengancam keberadaan Israel, satu-satunya negara demokrasi di kawasan ini,” Antonio López-Istúriz, Anggota Parlemen Eropa untuk kelompok EPP, mengatakan kepada Parlemen Eropa pada hari Selasa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image