Israel Terus Mencaplok, Setelah Khan Younis Kini Rafah Jadi Target Berikutnya

Info Terkini  

Ditulis oleh Esthi Maharani

YERUSALEM -- Israel mengklaim telah menguasai Khan Younis dan memberantas Hamas di kawasan tersebut. Kini, Israel bersiap mencaplok daerah lainnya yakni Rafah. Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan keberhasilan memerangi milisi Palestina selatan Khan Younis artinya pasukan Israel dapat bergerak maju ke Rafah.

Lebih dari setengah dari 2,3 juta rakyat Gaza mengungsi ke Rafah. Sebagian besar kedinginan dan kelaparan di tenda-tenda pengungsi dan gedung-gedung yang menjadi tempat penampungan sementara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami mencapai misi kami di Khan Younis, dan kami juga akan mencapai Rafah dan menghabisi elemen-elemen teror yang mengancam kami," kata Gallant dalam pernyataannya, Kamis (1/2/2024) dikutip dari Reuters.

Sementara itu, ditempat terpisah, upaya mediasi antara Hamas dan Israel terus dilakukan Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat. Negara-negara tersebut mengharapkan respon positif dari Hamas pada proposal konkrit pertama untuk menghentikan sementara pertempuran. Pejabat Palestina yang mengetahui negosiasi itu mengatakan proposal tersebut mencantumkan tahapan pertama gencatan senjata selama 40 hari.

Pertempuran akan terhenti ketika Hamas membebaskan sisa lebih dari 100 sandera. Tahapan berikutnya penyerahan tahanan militer Israel dan jenazah sandera yang tewas. Jika berhasil maka ini akan menjadi gencatan senjata lama pertama sejak konflik pecah 7 Oktober lalu.

Seorang pejabat Palestina mengatakan Hamas tampaknya tidak akan menolak mentah-mentah proposal itu. Tapi akan meminta jaminan pertempuran tidak kembali pecah, sesuatu yang tidak disepakati Israel.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image