Akhiri Kerja Sama dengan Israel, FamilyMart Batal Diboikot?

Info Terkini  
Itochu Corporation yang menguasai saham Familymart telah mengakhiri kerja sama dengan perusahaan Israel 
Itochu Corporation yang menguasai saham Familymart telah mengakhiri kerja sama dengan perusahaan Israel

Ditulis oleh Esthi Maharani

TOKYO – Boikot terhadap perusahaan dan produk yang terafiliasi dengan Israel terus berlanjut. Gelombang boikot pun menghantui salah satu minimarket FamilyMart. Diketahui saham FamilyMart sebagian besarnya dimiliki Itochu Corporation yang menjalin kerjasama dengan Israel.

Namun, gelombang boikot yang belum membesar itu mampu diredam dengan pengumuman bahwa Itochu Corporation akan mengakhiri kesepakatan kerja sama dengan perusahaan teknologi militer Israel, Elbit System.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada bulan Maret 2023, dilaporkan Itochu Aviation (anak perusahaan Itochu Corporation) menandatangani MoU dengan Nippon Aircraft Supply dan Elbit Systems untuk mengimpor teknologi pertahanan ke Jepang demi tujuan keamanan nasional Jepang. Penandatanganan kesepakatan dengan Elbit Systems berdasarkan permintaan Kementerian Pertahanan Jepang.

’’Tujuannya mengimpor peralatan pertahanan untuk keamanan Jepang,’’ kata Kepala Keuangan Itochu Tsuyoshi Hachimura seperti diberitakan Arab News, Senin (5/2/2024).

Namun, keputusan untuk mengakhiri kerja sama dengan perusahaan teknologi militer Israel dilakukan setelah adanya putusan Mahkamah Internasional terkait adanya tindakan genosida yang dilakukan Israel terhadap warga Palstina.

"Dengan pertimbangan dukungan Pemerintah Jepang pada International Court of Justice (ICJ), aktivitas-aktivitas baru terkait kesepakatan dengan Elbit sudah ditangguhkan,’’ kata Hachimura, Selasa (6/2/2024) dikutip dari Reuters.

"Itochu berencana mengakhiri kerja sama ini setelah Mahkamah Internasional memerintahkan Israel pada bulan lalu untuk mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina dan berbuat lebih banyak untuk membantu warga sipil," tambahnya.

Pada 26 Januari 2024, ICJ menetapkan keputusan awal mengenai kasus dugaan genosida oleh Israel, yang memerintahkan Israel mengambil semua langkah untuk mencegah terjadinya genosida di Gaza. Kasus ini diajukan oleh Afrika Selatan.

Pada Desember lalu, sejumlah kelompok masyarakat berdemonstrasi di depan kantor pusat Itochu di Tokyo. Massa memprotes kesepakatan Itochu dengan Israel. Aksi massa yang dilakukan kelompok pasifis dan antisenjata itu juga menyerukan boikot Israel.

Mengutip konstitusi damai Jepang, mereka mengecam kesepakatan Itochu Aviation dengan Elbit. Diketahui, Elbit mempunyai spesialisasi memproduk komponen untuk industri pertahanan dan Nippon Aircraft.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image