Penjualan Merosot Tajam, McDonald Salahkan Israel

Info Terkini  
McDonald gagal mencapai target penjualan dan menyalahkan Israel 
McDonald gagal mencapai target penjualan dan menyalahkan Israel

Ditulis oleh Esthi Maharani

GAZA -- McDonald's menyebut perang Israel di Gaza sebagai salah satu faktor penyebab raksasa makanan cepat saji itu gagal mencapai target penjualan kuartal pertamanya dalam hampir empat tahun.

CEO McDonald’s Chris Kempczinski mengatakan pada Senin (5/2/2024) bahwa perang telah memberikan dampak yang “mengecewakan” terhadap penjualan di negara-negara Timur Tengah dan negara-negara mayoritas Muslim lainnya seperti Malaysia dan Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Selama konflik ini, perang ini, masih berlangsung Kami tidak mengharapkan adanya perbaikan yang signifikan dalam hal ini. Ini adalah tragedi kemanusiaan, apa yang terjadi, dan menurut saya hal itu membebani merek seperti kami," kata Kempczinski dalam sebuah konferensi telepon dikutip dari Aljazirah, Selasa (6/2/2024).

Pertumbuhan penjualan divisi rantai makanan cepat saji untuk Timur Tengah, Cin, dan India selama Oktober-Desember mencapai 0,7 persen – jauh di bawah ekspektasi pasar sebesar 5,5 persen. Kemerosotan ini terjadi setelah pelanggan di negara-negara Muslim menyerukan boikot terhadap McDonald’s sebagai tanggapan terhadap waralaba Israel yang menyumbangkan ribuan makanan gratis kepada militer Israel.

Menyusul pengumuman McDonald’s Israel, pemegang waralaba di Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Bahrain, dan Turki menjauhkan diri dari donasi makanan terhadap tentara Israel dan secara kolektif menjanjikan bantuan jutaan dolar kepada warga Palestina di Gaza.

Meskipun kondisinya lesu di negara-negara Muslim, McDonald’s membukukan hasil yang relatif kuat secara keseluruhan, dengan penjualan global tumbuh 3,4 persen, dibandingkan dengan 8,8 persen pada kuartal sebelumnya.

“Kami tetap yakin dengan ketahanan bisnis kami di tengah tantangan makro yang akan terus berlanjut pada tahun 2024,” kata Kempczinski.

McDonald's adalah salah satu dari sejumlah merek Barat yang terkena boikot karena dianggap mendukung Israel. Pekan lalu, jaringan kafe Starbucks memangkas perkiraan penjualan tahunannya karena kemerosotan bisnis di Timur Tengah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image