AS Kecolongan, Pesawat Militer Rusia Beroperasi di Zona Pertahanan Udara Alaska

Info Terkini  
Pesawat militer Rusia sedang beratraksi.
Pesawat militer Rusia sedang beratraksi.

Ditulis Oleh Nidia Zuraya

COLORADO -- Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) pada hari Selasa (6/2/2024) mengatakan pihaknya mendeteksi empat pesawat militer Rusia beroperasi di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ).

"Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika Serikat atau Kanada," kata NORAD dalam keterangan resminya yang dikutip Reuters.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelumnya pada akhir 13 Agustus 2023 dan dini hari pada 14 Agustus 2023, NORAD pernah mendeteksi dan melacak empat pesawat militer Rusia beroperasi di wilayah ADIZ. Saat itu, menurut NORAD, pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika Serikat atau Kanada.

Aktivitas Rusia di ADIZ Alaska ini terjadi secara rutin dan tidak dipandang sebagai ancaman. ADIZ merupakan wilayah udara internasional tertentu yang memerlukan identifikasi siap pakai terhadap semua pesawat demi kepentingan keamanan nasional.

NORAD menggunakan jaringan pertahanan berlapis yang terdiri dari satelit, radar darat dan udara, serta pesawat tempur untuk melacak pesawat dan menginformasikan tindakan yang tepat. NORAD secara aktif menggunakan sejumlah opsi respons untuk mengamankan wilayah udara Amerika Utara.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image