20 Tahun Facebook

Info Terkini  

Ditulis oleh Esthi Maharani

NEW YORK -- Pada tahun 2004, tepatnya pada tanggal 4 Februari, sebuah jejaring sosial, bernama “The Facebook”, diluncurkan oleh Mark Zuckerberg yang berusia 19 tahun dan teman sekamarnya di Universitas Harvard. Nama Facebook diambil dari direktori fisik mahasiswa yang didistribusikan di universitas-universitas pada awal tahun akademik, yang umumnya dikenal sebagai “face book”.

Dalam beberapa tahun, popularitas platform ini meledak, menjadi jaringan media sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari tiga miliar pengguna aktif bulanan saat ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tonggak penting

Ide di balik Facebook adalah cabang dari salah satu proyek Zuckerberg sebelumnya yang disebut Facemash, sebuah situs web “a hot or not" yang digunakan untuk menilai wajah mahasiswi Harvard secara berdampingan. Untuk mendapatkan foto-foto yang digunakan di situs tersebut, Zuckerberg meretas sistem keamanan universitas dan menyalin gambar ID mahasiswa tanpa izin mereka. Hal ini mendorong universitas untuk menutup platform tersebut dalam beberapa hari setelah peluncurannya dan menyebabkan tindakan disipliner terhadap Zuckerberg.

Namun, hanya beberapa bulan kemudian, Zuckerberg dan teman sekamarnya meluncurkan situs jaringan baru yang memungkinkan mahasiswa Harvard terhubung dengan rekan-rekan mereka menggunakan alamat email “.edu”. Jejaring sosial ini sukses besar dan segera menyebar ke kampus-kampus lain di Amerika Serikat.

Dalam tahun pertama, platform ini berkembang menjadi satu juta pengguna, dan pada bulan Agustus 2005, berganti nama menjadi “facebook.com”. Pada akhir tahun 2006, siapa pun yang berusia di atas 13 tahun dan memiliki akses internet dapat bergabung.

Jumlah pengguna melonjak dari 12 juta pada tahun 2006 menjadi 50 juta pada tahun 2007, dan meningkat dua kali lipat menjadi 100 juta pada akhir tahun 2008. Pada tahun 2012, ketika Facebook mencapai satu miliar pengguna, Facebook go public dan bernilai 104 miliar dolar AS.

Facebook melakukan penawaran umum perdana (IPO) dengan harga 38 dolar AS per saham dan mengumpulkan 16 miliar dolar AS. Pangsa pasar platform ini telah tumbuh hampir 12 kali lipat, menjadi sekitar 474 dolar AS pada penutupan hari Jumat.

Pada tanggal 29 Oktober 2021, Zuckerberg mengumumkan rebranding Facebook, Inc menjadi Meta Platforms, Inc. Perusahaan ini memiliki dan mengoperasikan Facebook, Instagram, Threads, dan WhatsApp, di antara produk dan layanan lainnya.

Seberapa besar Meta?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image