Perang Israel di Gaza: Apakah Boikot Merugikan Merek-Merek AS?

Info Terkini  

Ditulis oleh Esthi Maharani

GAZA -- McDonald's telah gagal mencapai target penjualan, sebagian karena adanya boikot terhadap produk-produknya di beberapa belahan dunia karena dianggap mendukung Israel, kata perusahaan tersebut. Genosida di Gaza “memiliki dampak yang signifikan” terhadap kinerja pada kuartal terakhir tahun 2023 di beberapa wilayah, kata pejabat McDonald pada Senin (5/2/2024). Pertumbuhan penjualan di Timur Tengah, China, dan India mencapai 0,7 persen pada kuartal ini, jauh di bawah ekspektasi.

Perusahaan makanan cepat saji hanyalah satu dari beberapa merek Amerika Serikat yang terkena boikot dan protes atas dugaan dukungan mereka terhadap genosida Israel di Gaza. Di situs media sosial, beredar daftar merek-merek yang dituduh mendukung Israel meskipun hubungannya seringkali tidak dijelaskan dengan rinci. Dorongan ini merupakan bagian dari kampanye Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) yang lebih besar yang menargetkan merek-merek ramah Israel sejak tahun 2005.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut rincian beberapa merek yang mengakui telah terkena dampak boikot dikutip dari Aljazirah pada Rabu (7/2/2024):

McDonald's

Raksasa makanan cepat saji McDonald's memicu kemarahan para kritikus Israel, terutama di Timur Tengah, ketika cabangnya di Israel memberikan ribuan makanan gratis kepada pasukan Israel pada bulan Oktober, ketika aksi genosida dimulai dan kini telah menewaskan 27 ribu warga Palestina. Sejak Oktober, para aktivis menyerukan boikot terhadap perusahaan tersebut di seluruh dunia.

Dampaknya lebih nyata terjadi di Timur Tengah, dimana setidaknya 5 persen waralaba McDonald’s terdaftar. Meskipun target pertumbuhan penjualan di Timur Tengah, India dan China ditetapkan sebesar 5,5 persen dari bulan Oktober hingga Desember, perusahaan tersebut mencapai pertumbuhan sebesar 0,7 persen – dan kemungkinan penjualannya hanya menyusut di Timur Tengah. Penjualan global tumbuh sebesar 3,4 persen pada periode yang sama, dibandingkan dengan 8,8 persen pada kuartal sebelumnya.

Waralaba di Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Yordania, Bahrain dan Turki mengeluarkan pernyataan menjauhkan diri dari kampanye pangan gratis di Israel dan secara kolektif menjanjikan bantuan senilai 3 juta dolar AS ke Gaza. Kepala Eksekutif Chris Kempczinski mengatakan perusahaannya tidak mengharapkan adanya perubahan signifikan selama perang masih berlanjut.

“Apa yang terjadi ini adalah tragedi kemanusiaan, dan menurut saya hal ini membebani merek seperti kami,” katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image