Pertempuran Hukum Pendiri WikiLeaks, Julian Assange Berlangsung 13 Tahun

Info Terkini  
Pendiri WikiLeaks Julian Assange melakukan upaya terakhir untuk mencegah ekstradisinya ke Amerika Serikat (Dok Republika.co.id)
Pendiri WikiLeaks Julian Assange melakukan upaya terakhir untuk mencegah ekstradisinya ke Amerika Serikat (Dok Republika.co.id)

Ditulis oleh Esthi Maharani

Pendiri WikiLeaks Julian Assange melakukan upaya terakhir untuk mencegah ekstradisinya ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan pidana atas spionase dan publikasi informasi rahasia. Dua hakim senior akan mendengar argumen dari tim hukum Assange selama dua hari mulai Selasa, (20/2/2024)

Pengadilan Tinggi Inggris pada tahun 2021 memerintahkan ekstradisi Assange, yang dikuatkan oleh Mahkamah Agung setahun kemudian. Mantan menteri dalam negeri Priti Patel menyetujui perintah ekstradisi Assange pada April 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Assange kelahiran Australia, yang telah dipenjara sejak 2019, menginginkan peninjauan kembali perintah ekstradisi mantan menteri dalam negeri dan untuk menantang perintah pengadilan 2021 dalam sidang dua hari.

WikiLeaks menyebabkan badai diplomatik setelah menerbitkan cache besar file militer rahasia pada tahun 2010 dan 2011. Washington ingin mengadilinya atas kebocoran yang disebut merusak keamanan nasionalnya.

Meski AS secara resmi membuka tuduhan pidana terhadap Assange pada 2019, pertempuran hukum Assange sudah berlangsung selama 13 tahun. Pada tanggal 18 November 2010, pengadilan Swedia memerintahkan penangkapan Assange atas tuduhan pemerkosaan yang dibuat oleh dua relawan WikiLeaks Swedia perempuan. Assange membantah tuduhan itu dan mengklaim kasus Swedia adalah dalih untuk mengekstradisi dia, atau menyerahkannya, ke AS untuk menghadapi dakwaan atas rilis WikiLeaks.

Pada bulan Desember 2010, Assange ditangkap di Inggris dengan Surat Perintah Penangkapan Eropa tetapi dibebaskan dengan jaminan. Pengadilan Westminster Magistrates London pada 2011 memerintahkan Assange untuk diekstradisi ke Swedia, sebuah keputusan yang ia ajukan banding. Pada 2012, banding terakhirnya ditolak oleh Mahkamah Agung Inggris, setelah itu ia mencari suaka di Kedutaan Besar Ekuador di London.

Suaka diberikan, tetapi dicabut pada April 2019, setelah itu Assange yang berteriak dibawa keluar dari kedutaan. Sepanjang suakanya, polisi Inggris berpatroli di kedutaan, mengatakan Assange akan ditangkap jika dia meninggalkan gedung karena kegagalannya untuk menyerah dengan jaminan sebelumnya. Kedua anaknya lahir saat dia bersembunyi di dalam kedutaan.

Pada Juni 2019, Departemen Kehakiman AS secara resmi meminta pihak berwenang Inggris untuk menyerahkan Assange ke AS, di mana ia akan menghadapi dakwaan. Pihak berwenang Swedia membatalkan penyelidikan pemerkosaan terhadap Assange pada 2019, dengan mengatakan bukti itu tidak cukup kuat untuk mengajukan tuntutan, sebagian karena berlalunya waktu.

Sidang ekstradisi dimulai pada Februari 2020, tetapi ditunda setelah seminggu. Pada Januari 2021, di London, Hakim Vanessa Baraitser menyimpulkan bahwa Assange tidak boleh dikirim ke AS karena kesehatan mentalnya yang lemah, menambahkan ada risiko dia akan mencoba bunuh diri.

Selain kesehatan mentalnya, kesehatan fisik Assange juga menurun di penjara. Pada Oktober 2021, ia mengalami stroke mini. Dia juga patah tulang rusuk. Istrinya mengatakan dia telah menua sebelum waktunya.

Namun, pihak berwenang AS memenangkan banding pada Desember 2021 di Pengadilan Tinggi London terhadap keputusan ini, setelah memberikan paket jaminan tentang kondisi penahanan Assange jika terbukti bersalah, termasuk janji dia dapat dipindahkan ke Australia untuk menjalani hukuman apa pun.

Apa kemungkinan hasil dari sidang?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image