Julian Assange dan Kasus Kebebasan Pers Paling Penting di Dunia

Info Terkini  
Pendiri WikiLeaks Julian Assange (Dok Republika.co.id)
Pendiri WikiLeaks Julian Assange (Dok Republika.co.id)

Ditulis oleh Esthi Maharani

Pengadilan Tinggi London telah menjadwalkan dua hari sidang pada Selasa (20/2/2024) dan Rabu (21/2/2024) untuk memutuskan apakah pendiri WikiLeaks Julian Assange dapat mengajukan banding atas permintaan ekstradisi Amerika Serikat untuk diadili atas tuduhan spionase.

Tuduhan itu membawa hukuman maksimum 175 tahun, tetapi bahaya sebenarnya, kata istri Assange, Stella, adalah bahwa ia mungkin mendapatkan hukuman mati yang tidak disengaja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kesehatannya menurun, secara fisik dan mental," kata Stella Assange baru-baru ini kepada wartawan. "Hidupnya berisiko setiap hari dia tinggal di penjara, dan jika dia diekstradisi, dia akan mati."

Jika keputusan hari Rabu (21/2/2024) bertentangan dengan Assange, tim hukumnya berencana untuk mengajukan banding ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa – meskipun keputusan yang menguntungkan mungkin tidak datang pada waktunya untuk menghentikan ekstradisi.

Assange tidak akan menghadiri pengadilan karena sakit, kata pengacaranya pada hari Selasa (20/2/2024).

Seorang hakim Inggris setuju pada Januari 2021, memutuskan dia tidak boleh diekstradisi ke AS karena dia kemungkinan akan bunuh diri dalam isolasi total.

"Saya menemukan bahwa kondisi mental Assange sedemikian rupa sehingga akan menindas untuk mengekstradisi dia ke Amerika Serikat," kata hakim Vanessa Baraitser.

Tetapi AS terus mendesak ekstradisinya.

17 tuduhan spionase dari pengadilan distrik di Virginia Timur berasal dari publikasi Assange pada tahun 2010 dari ratusan ribu halaman dokumen militer rahasia AS di situsnya, WikiLeaks. Jaksa AS mengatakan Assange bersekongkol dengan analis intelijen AS Chelsea Manning untuk meretas server Pentagon untuk mengambil dokumen.

File-file itu, yang dilaporkan secara luas di media Barat, mengungkapkan bukti dari apa yang banyak orang anggap sebagai kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan AS di Irak dan Afghanistan. Mereka termasuk video serangan helikopter Apache 2007 di Baghdad yang menewaskan 11 orang, termasuk dua wartawan Reuters.

'Kasus kebebasan pers terpenting di dunia'

Sejak menjadi terkenal pada tahun 2010, Wikileaks telah menjadi gudang bukti dokumenter yang ditemukan oleh whistleblower pemerintah atau perusahaan.

Pada tahun 2013, Edward Snowden, seorang kontraktor dengan Badan Keamanan Nasional AS, membocorkan dokumen ke WikiLeaks yang mengungkapkan bahwa NSA telah memasang stovepipe digital di server penyedia email, dan diam-diam menyaring korespondensi pribadi.

Tiga tahun kemudian, jutaan dokumen bocor dari firma hukum lepas pantai Panama Mossack Fonseca, mengungkapkan bahwa perusahaan dan pejabat publik telah mendirikan perusahaan lepas pantai untuk menghindari pajak dan menyembunyikan uang yang dapat digunakan untuk tujuan terlarang.

Snowden menyebut kasus Assange "kasus kebebasan pers paling penting di dunia" di X, sebelumnya Twitter, dan para ahli hukum setuju.

"Kasus ini adalah yang pertama di mana pemerintah AS mengandalkan Undang-Undang Spionase 1917 sebagai dasar untuk penuntutan penerbit," Jameel Jaffer, seorang profesor hukum dan jurnalisme di Universitas Columbia, mengatakan kepada Aljazirah.

"Penuntutan yang berhasil terhadap Assange berdasarkan dakwaan ini akan mengkriminalisasi banyak jurnalisme investigasi yang sangat penting bagi demokrasi," kata Jaffer, termasuk mengolah sumber, berkomunikasi dengan mereka secara rahasia, meminta informasi dari mereka, melindungi identitas mereka dari pengungkapan, dan menerbitkan informasi rahasia.

"Saya benar-benar tidak dapat membayangkan mengapa pemerintahan Biden menginginkan penuntutan yang berbahaya dan picik ini menjadi bagian dari warisannya. Departemen Kehakiman harus membatalkan tuduhan Undang-Undang Spionase, yang seharusnya tidak pernah diajukan sejak awal."

Meskipun kebocoran itu terjadi pada 2010, Assange tidak dituntut oleh pemerintahan Barack Obama, yang saat itu berkuasa. Penuntutan datang dari pemerintahan Donald Trump delapan tahun kemudian, dan Presiden AS Joe Biden tampaknya menggandakannya.

Stella Assange berpendapat bahwa suaminya bertindak sebagai penerbit dalam memposting informasi yang bermanfaat bagi publik, dan penerbit biasanya tidak dituntut karena melakukan pekerjaan mereka.

"Julian telah didakwa karena menerima, memiliki, dan mengkomunikasikan informasi kepada publik tentang bukti kejahatan perang yang dilakukan oleh pemerintah AS," kata Stella Assange. "Melaporkan kejahatan tidak pernah menjadi kejahatan."

Namun jaksa AS mengatakan dia bukan hanya penerima informasi.

"Assange setuju untuk membantu Manning memecahkan kata sandi yang disimpan di komputer Departemen Pertahanan Amerika Serikat," kata dakwaannya. Membantu meretas server Pentagon adalah kejahatan komisi yang juga menempatkan sumber-sumber intelijen AS dalam risiko dan "dapat digunakan untuk melukai Amerika Serikat", kata jaksa.

'Dia sudah cukup menderita'

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image