Dunia Kutuk AS yang Kali Ketiga Veto Gencatan Senjata Gaza

Info Terkini  

Otoritas Palestina

Kantor Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan veto AS menentang masyarakat internasional dan memberi Israel "lampu hijau tambahan bagi pendudukan Israel untuk melanjutkan agresinya terhadap rakyat Gaza dan untuk melancarkan serangan berdarah terhadap Rafah".

Kepresidenan Palestina juga mengatakan bahwa mereka menganggap pemerintah AS bertanggung jawab untuk "mendukung dan memberikan perlindungan" terhadap "serangan barbar" Israel terhadap anak-anak, wanita dan orang tua di Gaza.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kebijakan ini membuat Amerika Serikat menjadi mitra dalam kejahatan genosida dan pembersihan etnis dan kejahatan perang yang dilakukan pasukan Israel," kata kantor itu.

Qatar

Duta Besar Qatar untuk PBB Alya Ahmed Saif Al Thani mengatakan dia menyesalkan kegagalan DK PBB untuk mengadopsi resolusi yang dirancang Aljazair dan berjanji untuk terus memfasilitasi upaya untuk mengamankan gencatan senjata di Gaza.

Arab Saudi

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan "penyesalan" atas veto tersebut dan menekankan "kebutuhan sekarang lebih dari sebelumnya untuk mereformasi Dewan Keamanan untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam menjaga perdamaian dan keamanan dengan kredibilitas dan tanpa standar ganda".

Norwegia

Misi Norwegia untuk PBB mengatakan "menyesalkan" bahwa dewan tidak dapat mengadopsi resolusi tentang gencatan senjata kemanusiaan segera.

"Sangat penting untuk mengakhiri kengerian di Gaza," tambahnya.

Kuba

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel Bermudez mengecam AS, mengatakan vetonya membuatnya terlibat dalam kejahatan Israel terhadap Palestina.

"AS baru saja memveto lagi resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza dan mengakhiri pemindahan paksa penduduk Palestina," kata Bermudez dalam sebuah posting media sosial. "Mereka adalah kaki tangan genosida Israel terhadap Palestina."

Amnesti Internasional

Agnes Callamard, direktur kelompok hak asasi manusia, mengatakan bahwa Washington memiliki kesempatan untuk melindungi warga sipil Palestina tetapi memilih "jalan yang berlawanan" di DK PBB.

"Dan lagi... ketika AS dapat melakukan hal yang benar: melindungi Palestina dari risiko genosida yang serius; menghormati hukum internasional dan universalitas; mencegah pembunuhan dan penderitaan besar-besaran – ia memilih jalan yang berlawanan," kata Callamard.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image