Dua tahun Perang, Apa yang Berubah di Rusia?

Lorong dunia  
Dua tahun perang Rusia-Ukraina, posisi Presiden Rusia, Vladimir Putin tampaknya stabil (Dok Republika.co.id)
Dua tahun perang Rusia-Ukraina, posisi Presiden Rusia, Vladimir Putin tampaknya stabil (Dok Republika.co.id)

Ditulis oleh Esthi Maharani

MOSKOW -- Pada 30 Desember, tembakan roket menghantam kota Belgorod di Rusia dekat perbatasan Ukraina. Kota itu telah dibombardir beberapa kali sejak dimulainya invasi skala penuh Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, tetapi rentetan serangan pada Desember lalu adalah yang paling mematikan.

Setidaknya 25 warga sipil, di antaranya lima anak-anak, tewas dalam serangan yang dituduhkan pada angkatan bersenjata Ukraina. Bagi penduduk kota perbatasan Rusia, perang telah pulang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Suasana di kota berubah secara dramatis sejak 30 Desember karena orang-orang di Belgorod akhirnya merasakan apa itu perang, bahwa itu dekat dan tidak begitu aman di kota seperti yang terlihat," kata seorang jurnalis dari Belgorod, Yuliya. "Hidup telah sangat berubah," tambahnya.

Dia mengatakan anak-anak sekarang tahu bagaimana rasanya ditembaki, mengenali suara sirene serangan udara dan tahu cara mengikat tourniquet.

"Sekarang dewan tidak membahas berapa banyak tulip yang ditanam untuk festival musim panas tetapi bagaimana mengecat bagian dalam tempat perlindungan bom. Saya pikir kehidupan di Belgorod tidak akan pernah sama."

Ekonomi Rusia Masih Bertahan

Dalam minggu-minggu setelah invasi pada 24 Februari 2022, Rusia dibayangi kesuraman ketika rubel jatuh dan investor asing melarikan diri. Tetapi, ekonomi terbukti telah bertahan dari sanksi.

"Ekonomi Rusia mengalami beberapa tes stres," kata ekonom Artem Kochnev.

"Yang pertama adalah pada tahun 2014 ketika putaran pertama sanksi diperkenalkan dan Rusia mengambil beberapa pelajaran dari itu secara khusus dengan membangun infrastruktur keuangan nasional dan memperketat cengkeraman atas sektor keuangan. Yang kedua adalah krisis Covid-19 dan bagaimana mereka mencoba mengelola logistik dalam keadaan yang sangat cepat berubah. Jadi mereka memiliki beberapa pengalaman yang bisa mereka manfaatkan."

Kochnev menambahkan bahwa penerapan sanksi secara bertahap memberi Rusia waktu untuk menyesuaikan kembali ekspor minyaknya. Uni Eropa menghentikan impornya dari Rusia, sehingga Rusia beralih ke China dan India sebagai gantinya, menggunakan "armada bayangan" tongkang yang terdaftar di perusahaan cangkang di negara ketiga seperti Kamerun.

Rusia juga memiliki cadangan uang tunai yang besar dari penjualan minyak bumi, yang awalnya disisihkan untuk mengimbangi kejutan dari penurunan harga minyak.

"Sekarang uang ini telah digunakan untuk tujuan lain – membiayai perang," kata Kochnev.

"Itu stimulus fiskal yang sebenarnya lebih besar dari apa yang telah dimasukkan pemerintah ke dalam perekonomian selama krisis Covid-19."

Merek global utama, seperti McDonalds dan Starbucks, telah meninggalkan Rusia, terpaksa menjual aset mereka jauh di bawah nilai pasar kepada pembeli yang disetujui oleh komite pemerintah sebelum diganti namanya. Misalnya, Starbucks telah menjadi Stars Coffee. Beberapa perusahaan bahkan telah secara efektif dinasionalisasi.

Menurut Kochnev, aset tersebut terutama diberikan kepada individu yang kuat dan terhubung dengan baik, yang mungkin telah menciptakan beberapa gesekan antara elit.

Bagaimana Posisi Putin?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image