Di Bawah Jenderal Baru, Kelompok Wagner Rusia Terus Merangsek ke Afrika

Lorong dunia  

Ambisi Wagner tidak redup. Hal ini dibuktikan dengan instruksi awal untuk membangun kekuatan tempur di seluruh Afrika. Salah satu benua terkaya dalam hal mineral dan energi, sedang mengalami "ledakan pemuda" yang akan mengubah demografi dunia.

Di Afrika, Libya memiliki cadangan minyak dan deposit emas terbesar yang diperkirakan berada di peringkat 50 besar dunia. Selain itu, lokasi geografisnya, yang menghubungkan Niger, Chad dan Sudan ke Afrika Utara dan Eropa, menjadikannya sangat penting secara strategis.

Averyanov telah sibuk, bepergian untuk bertemu dengan Field Marshall Haftar pada bulan September tahun lalu, diikuti dengan perjalanan ke Mali, Burkina Faso, Republik Afrika Tengah (CAR) dan Niger. Dalam semua kasus, tawaran itu sebagian besar sama: sumber daya untuk keamanan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hanya di Libya rubrik itu pecah. Pabrik ekstraksi minyak Rusia yang menguntungkan beroperasi di bawah naungan pemerintah Libya lainnya yang diakui secara internasional di Tripoli, yang berarti Haftar dan sekutunya, yang diklaim oleh Departemen Pertahanan AS untuk memasukkan Uni Emirat Arab, harus membayar sendiri pengerahan Korps Ekspedisi itu.

"Haftar membutuhkan Wagner," kata Tarek Megerisi, seorang rekan senior di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, menggunakan nama yang lebih terkenal untuk kelompok itu. "Selain itu, sementara dia menjadi tuan rumah mereka di Libya, [Wagner] dapat menggunakan posisinya untuk menopang operasi di Suriah, Sudan dan di tempat lain.

"Ini jaringan," lanjutnya, mengutip laporan. "Ini juga bukan hanya dukungan militer. Mereka menggunakan posisi mereka di Libya timur untuk mengangkut Captagon [narkotika ilegal] dari Suriah, menggeser emas untuk menghindari sanksi, serta membantu perdagangan migran dari Afrika selatan dan sejauh Bangladesh.

"Libya adalah daerah yang sangat menguntungkan bagi Wagner," katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image