Perang Israel di Gaza: Apakah Boikot Merugikan Merek-Merek AS?

Info Terkini  

Starbucks

Pekan lalu, jaringan kopi Starbucks memangkas perkiraan penjualan tahunannya setelah terjadi kemerosotan pertumbuhan. Perusahaan kini memperkirakan penjualan setahun penuh – secara global dan di AS – akan tumbuh dari 4 persen menjadi 6 persen, turun dari kisaran sebelumnya sebesar 5 persen menjadi 7 persen.

CEO Laxman Narasimhan mengatakan kepada wartawan bahwa Starbucks melihat “dampak signifikan terhadap lalu lintas dan penjualan” di Timur Tengah akibat perang di Gaza. Penjualan juga melambat di AS, di mana para pengunjuk rasa berkampanye dan menyerukan agar perusahaan mengambil sikap melawan Israel.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Masalah Starbucks dimulai setelah Starbucks Workers United, yang terdiri dari ribuan barista di lebih dari 360 kafe di AS, menunjukkan dukungan untuk warga Palestina dalam sebuah postingan pada X hari setelah genosida Gaza pecah. Postingan itu dihapus kurang dari satu jam kemudian.

Starbucks menggugat serikat pekerja tersebut di pengadilan Iowa atas pelanggaran merek dagang, meminta serikat pekerja tersebut untuk berhenti menggunakan nama dan logo serupa. Postingan tersebut mencerminkan “dukungan terhadap Hamas” dan telah merusak reputasi perusahaan tersebut, kata Starbucks dalam gugatan tersebut, seraya menambahkan bahwa mereka telah menerima lebih dari 1.000 panggilan pengaduan. Perusahaan juga mengatakan beberapa kafenya dirusak.

Serikat pekerja mengajukan tuntutan balik, meminta pengadilan federal di Pennsylvania untuk memutuskan bahwa mereka boleh terus menggunakan logo tersebut. Mereka juga menuduh Starbucks melakukan pencemaran nama baik. Kedua belah pihak terlibat dalam negosiasi yang terus-menerus dan penuh ketegangan mengenai masalah ketenagakerjaan dengan serikat pekerja yang menuntut upah yang lebih baik dan penjadwalan yang lebih konsisten bagi para pekerja.

Sementara itu, banyak masyarakat di Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, telah memboikot Starbucks dan McDonald’s sejak awal perang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image