Apa yang Ada dalam Proposal 135 Hari Hamas untuk Gencatan Senjata?

Info Terkini  

Hamas mengatakan bahwa setiap tahap gencatan senjata harus diselesaikan sebelum fase berikutnya dimulai.

Kelompok itu juga mengatakan Israel harus memfasilitasi rekonstruksi penuh rumah-rumah yang hancur di Gaza, serta fasilitas umum dan infrastruktur ekonomi lainnya dalam waktu tiga tahun.

Hamas lebih lanjut menuntut agar pemukim Israel berhenti menyerang Masjid Al-Aqsa, dan bahwa situasi di masjid dikembalikan ke kondisi pra-2002. Tidak jelas kondisi apa yang dimaksud Hamas. Namun, pada tahun 2002, selama Intifada kedua, atau "pemberontakan", yang dipicu oleh kunjungan mantan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon ke Al-Aqsa, pasukan Israel menindak warga Palestina di bawah Operasi Defensive Shield.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berbicara kepada Aljazirah, juru bicara Hamas Muhammad Nazzal mengatakan kelompok itu ingin Qatar, Mesir, Amerika Serikat, Turki dan Rusia bertindak sebagai "penjamin" untuk memastikan implementasi yang benar dari ketentuan kesepakatan, jika disetujui. Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa kelompok itu tidak mau bernegosiasi mengenai persyaratan proposal.

"Di antara rincian ini, tidak ada yang bisa dikompromikan," kata Nazzal. "Mesin pembunuh Israel harus dihentikan. Kami ingin melihat penarikan pasukan pendudukan Israel dari Jalur Gaza sepenuhnya. Tanggapan kami realistis dan tuntutan kami masuk akal.

"Setelah [rencana] dimulai, setiap hambatan dapat disetrika di sepanjang jalan untuk mencapai kesepakatan akhir di mana kita dapat menandai i dan melewati t."

Akankah Israel menyetujui kesepakatan itu?

Mossad, badan intelijen asing Israel, saat ini sedang mengevaluasi proposal tersebut, kata pihak berwenang Israel. Tidak ada garis waktu yang ditetapkan untuk respons.

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa ketika negosiasi berlanjut, Presiden AS Joe Biden menyebut proposal itu "sedikit berlebihan".

Namun, Menteri Luar Negeri Anthony Blinken saat ini berada di Israel dan akan mencoba membujuk para pemimpin Israel untuk menerima gencatan senjata. Dalam kunjungan kelimanya ke kawasan itu sejak dimulainya perang, Blinken akan bertemu Netanyahu, panglima militer Herzi Halevi, Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan presiden Israel, Isaac Herzog. Blinken juga akan mengadakan pembicaraan dengan presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani bertemu Blinken pada hari Selasa. Setelah pengumuman itu, dia mengatakan kepada wartawan bahwa proposal Hamas "umumnya positif". Para pejabat Mesir mengatakan kepada Reuters bahwa tanggapan Hamas menunjukkan "fleksibilitas" dan bahwa negosiator mereka akan mendorong untuk mencapai kesepakatan.

Tetapi Israel mungkin belum menyetujui kesepakatan gencatan senjata, kata Rory Challands dari Aljazirah, melaporkan dari Yerusalem Timur yang diduduki. Opini publik Israel sangat mendukung sikap Netanyahu untuk melanjutkan perang dan dapat menghalangi pembicaraan damai, katanya.

"Ada kesepakatan luas – tentu saja di tingkat atas, tingkat elit – bahwa perang tidak akan berakhir sebagai akibat dari kesepakatan gencatan senjata," kata Challand.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image