Siapa Julian Assange? Apakah Pendiri WikiLeaks akan Diekstradisi ke AS?

Info Terkini  

Dua hakim senior akan mendengar argumen dari tim hukum Assange selama dua hari mulai Selasa, (20/2/2024)

Pengadilan Tinggi Inggris pada tahun 2021 memerintahkan ekstradisi Assange, yang dikuatkan oleh Mahkamah Agung setahun kemudian. Mantan menteri dalam negeri Priti Patel menyetujui perintah ekstradisi Assange pada April 2022.

Assange kelahiran Australia, yang telah dipenjara sejak 2019, menginginkan peninjauan kembali perintah ekstradisi mantan menteri dalam negeri dan untuk menantang perintah pengadilan 2021 dalam sidang dua hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa dakwaan terhadap Assange?

Assange telah didakwa di AS atas 18 tuduhan atas publikasi ratusan ribu dokumen rahasia pada tahun 2010 oleh WikiLeaks. Sebanyak 17 tuduhan ini adalah untuk spionase sementara satu untuk penyalahgunaan komputer.

Pengacara AS mengatakan Assange bersalah berkonspirasi dengan Manning dan mencoba meretas komputer Pentagon. Penuntutan terhadap Assange dilakukan berdasarkan Undang-Undang Spionase 1917, yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menerbitkan informasi rahasia.

Pendukung Assange berpendapat dia harus dilindungi di bawah kebebasan pers yang diberikan oleh Amandemen Pertama Konstitusi AS dan dia telah bertindak sebagai jurnalis untuk mengekspos kesalahan militer AS. Amnesty telah merilis sebuah pernyataan yang meminta pihak berwenang AS untuk membatalkan tuduhan, menganggap pengejaran pemerintah terhadap Assange sebagai "serangan skala penuh terhadap hak kebebasan berekspresi".

"Julian telah didakwa karena menerima, memiliki, dan mengkomunikasikan informasi kepada publik tentang bukti kejahatan perang yang dilakukan oleh pemerintah AS," kata istri Assange, Stella. "Melaporkan kejahatan tidak pernah menjadi kejahatan."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image