Dua tahun Perang, Apa yang Berubah di Rusia?

Lorong dunia  

Di garis depan di Ukraina, hampir 45.000 orang Rusia telah tewas dalam aksi sejak Februari 2022, outlet independen MediaZona melaporkan angka itu tiga kali lipat kerugian Tentara Merah selama pendudukan selama satu dekade di Afghanistan.

Meski begitu, Rusia memiliki sumber daya yang lebih besar dalam hal tenaga kerja daripada Ukraina.

Sejak serangan balasan Ukraina yang gagal di musim panas, pasukan Rusia perlahan-lahan bergerak maju, merebut kota Avdiivka bulan ini setelah pertempuran sengit selama berbulan-bulan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Mobilisasi tersembunyi Rusia terus berlanjut," kata Oleg Ignatov, analis senior Rusia untuk think tank International Crisis Group.

"Daerah diberi jumlah tentara kontrak yang harus mereka panggil. Akibatnya, pejabat daerah membujuk siapa pun yang mereka bisa untuk mendaftar. Ini termasuk debitur, orang-orang dengan masalah keuangan dan gaya hidup, pria lajang, mantan penjahat dan sebagainya serta [pegawai negeri]. Militer, pada gilirannya, membujuk wajib militer untuk menandatangani kontrak. Juga, lebih banyak orang asing datang ke depan. Namun ternyata, metode seperti itu berhasil. Tentara Rusia berhasil mengisi kembali barisannya lebih cepat daripada tentara Ukraina."

Industri pertahanan Rusia tampaknya masih berfungsi dengan kapasitas penuh, memompa peluru untuk ditembakkan ke posisi Ukraina.

"Produksi militer Rusia telah tumbuh secara signifikan, termasuk dengan memulihkan produksi di pabrik-pabrik tua Soviet," tambah Ignatov.

"Rusia telah mampu melampaui pasokan amunisi Barat dan mempertahankan keunggulannya dalam peralatan dan senjata jarak jauh. Sanksi, tentu saja, meningkatkan harga produksi dan menciptakan masalah logistik tetapi tidak menghambat produksi kerang dan hampir tidak mencegah Rusia memodernisasi peralatan Soviet lama dan mengirimkannya ke garis depan. Kemampuan industri Rusia untuk memproduksi senjata sangat besar tetapi tidak cukup untuk menciptakan keuntungan yang menentukan, sehingga Rusia membeli amunisi dari Korea Utara."

Selain penembakan Belgorod, ada beberapa serangan lintas batas oleh Korps Relawan Rusia, milisi warga Rusia dengan pandangan nasionalis sayap kanan yang berjuang untuk Ukraina, terlibat dalam pertempuran singkat dengan pasukan Rusia dan penjaga perbatasan sebelum mundur.

Dampak strategis mereka terhadap perang terbatas tetapi telah merusak rasa aman Rusia. Sementara itu, drone telah menargetkan infrastruktur minyak Rusia, secara spektakuler meledakkan terminal ekspor bahan bakar di dekat St Petersburg pada Januari.

"Ukraina telah melakukan serangkaian serangan yang sukses terhadap infrastruktur Rusia dan tampaknya berhasil menghancurkan beberapa unit peralatan berharga dan mahal, tetapi secara umum, serangan ini tidak mengubah gambaran keseluruhan, yang masih menguntungkan Rusia," kata Ignatov.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dunia dalam genggaman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image